nusakini.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kembali mengumumkan nominator desainer maskot Asian Games 2018 pada jumpa pers yang diadakan, Senin 16 Mei. Ini merupakan tindak lanjut setelah Januari lalu MoU tentang revisi maskot Asian Games 2018 ditandatangani Menpora Imam Nahrawi dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf.

Kepala Publikasi Kemenpora Gatot S Dewa Broto mengatakan pihak OCA telah menanyakan kembali maskot Asian Games 2018. Hal tersebut karena maskot yang awalnya bergambar burung Cendrawasih yang diberi nama Derawa berbeda dengan logo dan maskot Asian Youth Games. 

"Nantinya pun logo dan maskot Asian Youth Games akan dikerjakan bersama logo dan maskot Asian Games," ucap Gatot bersama Wakil Ketua Umum KOI, Muddai Madang.

Ia menambahkan, hasil kreasi para nominator seharusnya dihargai dengan sangat mahal, karena dihasilkan dari pihak-pihak yang kompeten di bidangnya. Namun, menurutnya semua ini kembali lagi untuk Merah-Putih. 

"Hasil karya ini adalah untuk Merah-Putih, anggaran yang tersedia tidak lebih dari Rp200 juta. Juaranya akan mendapatkan Rp100 juta, tetapi poin ini telah kami sampaikan kepada para peserta dan akan diumumkan pada bulan depan," ujarnya. (mk)